Tuesday, February 4, 2020

Tips Ampuh Untuk Merawat Jalu Agar Cepat Panjang

Jalu atau yang biasa di sebut taji adalah senjata utama yang digunakan ayam aduan untuk menumbangkan lawan saat berada di arena sabung ayam. Para bobotoh pasti mengharapkan ayam aduan kesayangannya memiliki bentuk jalu yang sangat mematikan.
Ukuran ideal untuk jalu ayam ialah saat ayam berusia 10 tahun keatas. Namun, kadang ada beberapa ayam yang mengalami kendala dalam pertumbuhan jalu yang lambat dan juga lama panjang. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, seperti faktor keturunan serta faktor kurang nya perawatan pada jalu.
Ayam jalu berbeda dengan ayam pukul, karena biasanya ayam jalu mempunyai pukulan yang tidak terlalu kuat. Maka dari itu bagi bobotoh yang memiliki ayam jalu harus benar-benar teliti.
Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tips tentang cara merawat jalu agar cepat panjang hingga mencapai ukuran yang ideal. Cara ini juga berguna untuk mempercepat pertumbuhan jalu yang patah.

Beberapa Tips Ampuh untuk Merawat Jalu Agar Cepat Panjang :

  • Melakukan Pengupasan

    Bobotoh bisa merawat jalu ayam aduan kesayangan sejak dini, yaitu saat jalu mulai tumbuh. Biasanya jalu ayam akan mulai menonjol saat ayam sudah berusia lima bulan keatas. Maka pada saat itu bobotoh bisa melakukan pengupasan lapisan luar jalu yang sudah mulai menonjol, atau yang biasa disebut dengan jalu jagung.
  • Rutin Membersihkan Lapisan Jalu

    Pada dasarnya ayam jalu memiliki tiga lapisan, yaitu lapisan luar berwarna putih, lapisan tengah berwarna kuning serta lapisan dalam yang berwarna kuning muda. Jika ingin pertumbuhan jalu ayam lebih cepat, maka bobotoh hanya cukup membersihkan lapisan luar jalu secara rutin. Bobotoh bisa menggunakan pecahan kaca ataupun pisau dan usahakan hanya lapisan luar nya saja.
  • Mengoleskan Bawang Putih

    Sebenarnya cara yang satu ini sudah banyak bobotoh yang mengetahuinya. Setelah mengupas lapisan bagian luar jalu, langkash selanjutnya bobotoh bisa langsung mengoleskan bawang putih secara teratur. Dan bobotoh juga bisa mengoleskan minyak goreng agar pertumbuhan jalu lebih optimal.
  • Menggunakan Buah Belimbing Wuluh

    Buah belimbing memiliki khasiat yang bisa membuat jalu lebih cepat panjang. Caranya cukup mudah, bobotoh bisa langsung mengoleskan buah belimbing wuluh ke jalu ayam.
  • Mengeraskan Jalu

    Dan tips terakhir untuk merawat jalu ayam agar cepat panjang ialah dengan membuat nya menjadi lebih keras. Jalu ayam yang keras memiliki banyak keunggulan, selain tidak mudah patah, jalu yang keras juga akan lebih mudah disetting. Untuk mengeraskan jalu sangat mudah, langkah pertama bobotoh bisa tumbuk beberapa siung kunyit, kemudian letakan pada jalu ayam dan bungkus menggunakan kain.
Hmm, sebelum bobotoh mencoba tips ini, bobotoh harus memastikan terlebih dahulu ayam yang dimiliki ini bertipe jalu atau bukan. Karena jika bobotoh mencoba cara ini untuk ayam jalu lepek atau rentet maka tips ini tidak akan bekerja.
Demikianlah isi artikel ini, mengenai “Tips Ampuh Untuk Merawat Jalu Agar Cepat Panjang“. Semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar Sabung Ayam lainnya. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Ciri Utama Pejantan Ayam Bangkok Dan Betina Unggulan

Dalam hal persilangan untuk menghasilkan turunan ayam aduan yang berkualitas bagus, yang menjadi faktor utama dalam pesilangan tersebut ...